Kamis, 28 April 2011

CONTOH RPP MATEMATIKA KLS 5 SD

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Mata Pelajaran     : Matematika
Pertemuan Ke-      : 1
Kelas/Semester    : V/1
Alokasi Waktu      : 2 x 35 menit

I. Standar Kompetensi    :
(1) Melakukan operasi hitung bilangan bulat dalam pemecahan masalah
Kompetensi Dasar     :
1.1          Melakukan operasi hitung bilangan bulat termasuk penggunaan sifat-sifatnya, pembulatan dan penaksiran
Indikator                   : KONSEP
1.1.1     Menggunakan sifat komutatif, asosiatif dan distributif pada operasi hitung bilangan

II. Materi Ajar
• Mengenal Bilangan Bulat

III. Metode Pembelajaran
1. Informasi/ceramah
2. Diskusi
3. Kerja kelompok
4. Tutor sebaya

IV.  Nilai Keislaman
QS Yunus : 5







Dia-lah yang menjadikan matahari bersinar dan bulan bercahaya dan ditetapkan-Nya manzilah-manzilah (tempat-tempat) bagi perjalanan bulan itu, supaya kamu mengetahui bilangan tahun dan perhitungan (waktu). Allah tidak menciptakan yang demikian itu melainkan dengan hak. Dia menjelaskan tanda-tanda (kebesaran-Nya) kepada orang-orang yang mengetahui.

V.  Multiple Intelegensi
       Intrapersonal (I)
       Logis Matematis (LM)
      

VI. Langkah-Langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
• Motivasi dari guru sambil menyiapkan siswa untuk belajar, LKS dan alat peraga yang diperlukan.
• Guru mengajak siswa mengingat sekilas tentang bilangan bulat 4 – 5 angka dan namanya.
• Guru menjelaskan tujuan pembelajaran.
Mengenal Bilangan
2. Kegiatan Inti
• Guru mengajak siswa bermain mengenal bilangan dan namanya sambil mengambil di beberapa tempat secara berkelompok.
·   Dilanjutkan dengan mengenal macam-macam bilangan
·   Contoh  :
Bilangan Asli dimulai dari 1, 2, 3, ...
Bilangan Cacah dimulai dari 0, 1, 2, 3, ...
Bilangan Bulat dimulai dari  ..., -3, -2, -1, 0, 1, 2, 3, ...
·   Dengan individu siswa mengerjaoreksi hasil kerja siswa sambil dikoreksi.
·   Bagi siswa yang sudah selesai, wajib memberikan bantuan kepada temannya untuk menyelesaikan latihan tanpa memberikan jawabannya. (I)

3. Kegiatan Akhir
• Guru memberikan beberapa pertanyaan penjajakan kepada siswa.
·    Guru memberikan taujih tentang kekuasaan Allah yang menciptakan alam semesta sesuai dengan hitungan ilmiah dan bukan tanpa ilmu.
• Guru memberi kata-kata pujian kepada siswa atas keaktifan dan kesungguhannya dalam mengikuti proses pembelajaran.
• Guru mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan tugas kepada siswa.

Alat/Bahan/Sumber Belajar
1. Alat/Bahan                        : buku tulis, spidol, pensil, kertas kotak
2. Sumber Belajar    : • LKS.
           
VII. Penilaian
1. Tertulis
Mengetahui, …………  Juli 2010
Kepala Sekolah                                                          Guru Matematika




            M.Edris, S.T                                                                     Hanim Suhartini, S.Si

Tidak ada komentar:

Posting Komentar