Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran : Matematika
Pertemuan Ke- : 1
Kelas/Semester : V/1
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
I. Standar Kompetensi :
(1) Melakukan operasi hitung bilangan bulat dalam pemecahan masalah
Kompetensi Dasar :
1.1 Melakukan operasi hitung bilangan bulat termasuk penggunaan sifat-sifatnya, pembulatan dan penaksiran
Indikator : KONSEP
1.1.1 Menggunakan sifat komutatif, asosiatif dan distributif pada operasi hitung bilangan
II. Materi Ajar
• Mengenal Bilangan Bulat
III. Metode Pembelajaran
1. Informasi/ceramah
2. Diskusi
3. Kerja kelompok
4. Tutor sebaya
IV. Nilai Keislaman
QS Yunus : 5
Dia-lah yang menjadikan matahari bersinar dan bulan bercahaya dan ditetapkan-Nya manzilah-manzilah (tempat-tempat) bagi perjalanan bulan itu, supaya kamu mengetahui bilangan tahun dan perhitungan (waktu). Allah tidak menciptakan yang demikian itu melainkan dengan hak. Dia menjelaskan tanda-tanda (kebesaran-Nya) kepada orang-orang yang mengetahui.
V. Multiple Intelegensi
Intrapersonal (I)
Logis Matematis (LM)
VI. Langkah-Langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
• Motivasi dari guru sambil menyiapkan siswa untuk belajar, LKS dan alat peraga yang diperlukan.
• Guru mengajak siswa mengingat sekilas tentang bilangan bulat 4 – 5 angka dan namanya.
• Guru menjelaskan tujuan pembelajaran.
Mengenal Bilangan
2. Kegiatan Inti
• Guru mengajak siswa bermain mengenal bilangan dan namanya sambil mengambil di beberapa tempat secara berkelompok.
· Dilanjutkan dengan mengenal macam-macam bilangan
· Contoh :
Bilangan Asli dimulai dari 1, 2, 3, ...
Bilangan Cacah dimulai dari 0, 1, 2, 3, ...
Bilangan Bulat dimulai dari ..., -3, -2, -1, 0, 1, 2, 3, ...
· Dengan individu siswa mengerjaoreksi hasil kerja siswa sambil dikoreksi.
· Bagi siswa yang sudah selesai, wajib memberikan bantuan kepada temannya untuk menyelesaikan latihan tanpa memberikan jawabannya. (I)
3. Kegiatan Akhir
• Guru memberikan beberapa pertanyaan penjajakan kepada siswa.
· Guru memberikan taujih tentang kekuasaan Allah yang menciptakan alam semesta sesuai dengan hitungan ilmiah dan bukan tanpa ilmu.
• Guru memberi kata-kata pujian kepada siswa atas keaktifan dan kesungguhannya dalam mengikuti proses pembelajaran.
• Guru mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan tugas kepada siswa.
Alat/Bahan/Sumber Belajar
1. Alat/Bahan : buku tulis, spidol, pensil, kertas kotak
2. Sumber Belajar : • LKS.
VII. Penilaian
1. Tertulis
Mengetahui, ………… Juli 2010
Kepala Sekolah Guru Matematika
M.Edris, S.T Hanim Suhartini, S.Si
Tidak ada komentar:
Posting Komentar