Kamis, 28 April 2011

KEMAMPUAN MEMAHAMI AYAT-AYAT ALLAH

KEMAMPUAN MEMAHAMI
AYAT-AYAT ALLAH


“Dan katakanlah, ‘Segala puji bagi Allah,
Dia akan memperlihatkan kepadamu tanda-tanda kebesaran-Nya, maka kamu akan mengetahuinya. Dan Tuhanmu tiada lalai dari apa yang kamu kerjakan’.”
(QS. An-Naml, 27: 93) !

Masyarakat zaman sekarang memperlakukan Al Quran berbeda sama sekali dengan tujuan penurunan Al Quran sebenarnya. Di dunia Islam secara umum, sedikit sekali orang yang menge-tahui isi Al Quran.
Sebagian di antara mereka sering menyampul Al Quran dengan ba-gus dan menggantungnya pada dinding rumah, dan orang-orang tua membacanya sekali-sekali. Mereka beranggapan bahwa Al Quran melin-dungi pembacanya dari “kemalangan dan kesengsaraan”. Menurut ke-percayaan ini, Al Quran dianggap semacam jimat penangkal bala.
Padahal, ayat-ayat Al Quran menyatakan bahwa tujuan Al Quran diwahyukan sama sekali berbeda. Misalnya, dalam surat Ibrahim ayat ke-52, Allah menyatakan, “(Al Quran) ini adalah penjelasan yang sempurna bagi manusia, dan supaya mereka mengetahui bahwasanya Dia adalah Ilah Yang Maha Esa dan agar orang-orang yang berakal mengambil pelajaran.” Dalam banyak ayat lain, Allah menegaskan bahwa salah satu tujuan utama diturunkannya Al Quran adalah untuk mengajak manusia bertafakur.
Dalam Al Quran, Allah mengajak manusia agar tidak mengikuti secara buta kepercayaan dan norma-norma yang diajarkan masyarakat, agar merenung dengan terlebih dahulu menyingkirkan segala prasangka, hal tabu, dan batasan yang ada dalam pikiran mereka.
Manusia harus memikirkan bagaimana ia menjadi ada, apa tujuan hidupnya, mengapa ia akan mati, dan apa yang terjadi setelah kematian. Ia hendaknya mempertanyakan bagaimana dirinya dan seluruh alam semesta ini menjadi ada dan bagaimana keduanya terus-menerus ada. Selagi melakukan hal ini, ia harus membebaskan dirinya dari segala ikatan dan prasangka.
Jika seseorang berpikirdengan membebaskan akal dan nuraninya dari segala ikatan sosial, ideologis, dan psikologispada akhirnya ia akan merasakan bahwa seluruh alam semesta, termasuk dirinya, telah diciptakan oleh sebuah kekuatan Yang Mahatinggi. Bahkan ketika meng-amati tubuhnya sendiri atau segala sesuatu di alam, ia akan melihat ada-nya keserasian, perencanaan, dan kebijaksanaan dalam perancangannya.
Al Quran memberikan petunjuk kepada manusia dalam masalah ini. Dalam Al Quran, Allah memberitahukan apa yang hendaknya kita re-nungkan dan kita amati. Dengan cara perenungan yang diajarkan dalam Al Quran, seseorang yang beriman kepada Allah akan dapat lebih baik merasakan kesempurnaan, hikmah abadi, ilmu, dan kekuasaan Allah da-lam ciptaan-Nya. Jika seorang beriman mulai berpikir sesuai dengan cara-cara yang diajarkan dalam Al Quran, ia pun segera menyadari bahwa seluruh alam semesta adalah sebuah tanda karya seni dan kekuasaan Allah, dan bahwa “alam semesta adalah karya seni, dan bukan pencipta karya seni itu sendiri.” Setiap karya seni memperlihatkan keahlian pem-buatnya yang khas dan unik, serta menyampaikan pesan-pesannya.
Dalam Al Quran, manusia diseru untuk merenungi berbagai kejadian dan benda alam, yang dengan jelas memberikan kesaksian akan keber-adaan dan keesaan Allah beserta sifat-sifat-Nya. Dalam Al Quran, segala sesuatu yang memberikan kesaksian ini disebut “tanda-tanda”, yang berarti “bukti yang teruji kebenarannya, pengetahuan mutlak, dan per-nyataan kebenaran.” Jadi, tanda-tanda kebesaran Allah terdiri atas segala sesuatu di alam semesta ini yang memperlihatkan dan menyampaikan keberadaan dan sifat-sifat Allah. Orang-orang yang dapat mengamati dan senantiasa ingat akan hal ini akan memahami bahwa seluruh jagat raya tersusun hanya dari tanda-tanda kebesaran Allah.
Sungguh, adalah kewajiban bagi manusia untuk dapat melihat tanda-tanda kebesaran Allah…. Dengan demikian, orang tersebut akan menge-nal Sang Pencipta yang menciptakan dirinya dan segala sesuatu yang lain, menjadi lebih dekat kepada-Nya, menemukan makna keberadaan dan hidupnya, dan menjadi orang yang beruntung dunia dan akhirat.
Buku ini tidak akan mampu memuat semua tanda kebesaran Allah yang tak terhitung jumlahnya, tidak juga buku yang lain. Segala sesuatu, tarikan napas manusia, perkembangan politik dan sosial, keserasian kos-mis di alam semesta, atom yang merupakan materi terkecil, semuanya adalah tanda-tanda kebesaran Allah, dan semuanya berjalan di bawah kendali dan pengetahuan-Nya, menaati hukum-hukum-Nya. Menemu-kan dan mengenal tanda-tanda (ayat-ayat) Allah memerlukan upaya pribadi. Setiap orang akan menemukan dan memahami ayat-ayat Allah sesuai dengan tingkat pemahaman dan nalarnya masing-masing.
Tentu saja, ada panduan yang mungkin membantu. Pertama-tama, orang dapat mempelajari pokok-pokok tertentu yang ditekankan dalam Al Quran, agar ia memperoleh mentalitas berpikir yang menjadikan diri-nya dapat merasakan seluruh alam semesta ini sebagai penjelmaan dari segala ciptaan Allah.
Buku ini ditulis untuk mengetengahkan beberapa masalah yang dianjurkan Al Quran agar kita renungkan. Tanda kebesaran Allah di alam semesta ditegaskan dalam surat An-Nahl:

“Dia-lah Yang telah menurunkan air hujan dari langit untuk kamu, sebagiannya menjadi minuman dan sebagiannya (menyuburkan) tumbuh-tumbuhan, yang pada (tempat tumbuhnya) kamu menggem-balakan ternakmu. Dia menumbuhkan bagi kamu dengan air hujan itu tanaman-tanaman; zaitun, korma, anggur, dan segala macam buah-buahan. Sesungguhnya, pada yang demikian itu benar-benar ada tanda (kekuasaan Allah) bagi kaum yang memikirkan. Dan Dia menundukkan malam dan siang, matahari dan bulan untukmu. Dan bintang-bintang itu ditundukkan (untukmu) dengan perintah-Nya. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar ada tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi kaum yang memahami-(nya), dan Dia (me-nundukkan pula) apa yang Dia ciptakan untuk kamu di bumi ini de-ngan berlain-lainan macamnya. Sesungguhnya, pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kekuasaan Allah) bagi kaum yang mengambil pelajaran. Dan Dia-lah Allah yang menundukkan lautan (untukmu), agar kamu dapat memakan darinya daging yang segar (ikan), dan kamu mengeluarkan dari lautan itu perhiasan yang kamu pakai; dan kamu melihat bahtera berlayar padanya, dan supaya kamu mencari (keuntungan) dari karunia-Nya, dan supaya kamu bersyukur. Dan Dia menancapkan gunung-gunung di bumi supaya bumi itu tidak goncang bersama kamu, (dan Dia menciptakan) su-ngai-sungai dan jalan-jalan agar kamu mendapat petunjuk, dan (Dia ciptakan) tanda-tanda (penunjuk jalan). Dan dengan bintang-bin-tang itulah mereka mendapat petunjuk. Maka apakah (Allah) yang menciptakan itu sama dengan yang tidak dapat menciptakan (apa-apa)? Maka mengapa kamu tidak mengambil pelajaran?” (QS. An-Nahl, 16: 10-17) !

Dalam Al Quran, Allah mengajak kaum berakal untuk memikirkan hal-hal yang biasa diabaikan orang lain, atau yang biasa dikatakan sebagai hasil “evolusi”, “kebetulan”, atau “keajaiban alam” belaka.
Sesungguhnya, dalam penciptaan langit dan bumi dan silih berganti-nya malam dan siang terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang berakal, (yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadaan berbaring dan mereka memikirkan penciptaan langit dan bumi (seraya berkata), “Ya Tuhan kami, tiada-lah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia, Mahasuci Engkau, maka peliharalah kami dari siksa neraka.” (QS. Ali 'Imran, 3: 191) !
Sebagaimana kita lihat dalam ayat-ayat ini, kaum berakal melihat tanda kebesaran Allah dan berusaha memahami ilmu, kekuasaan, dan kreasi seni-Nya yang tak terhingga ini dengan mengingat dan merenungkan hal-hal tersebut, sebab ilmu Allah tak terbatas dan ciptaan-Nya sempurna tanpa cacat.
Bagi orang yang berakal, segala sesuatu di sekeliling mereka adalah tanda penciptaan.

“Sesungguhnya, Allah tiada segan membuat perumpamaan berupa nyamuk atau yang lebih rendah dari itu. Adapun orang-orang yang beriman, mereka yakin bahwa perumpamaan itu benar dari Tuhan mereka, tetapi mereka yang kafir mengatakan, “Apakah maksud Allah menjadikan ini untuk perumpamaan?” Dengan perumpamaan itu banyak orang yang disesatkan Allah, dan dengan perumpamaan itu (pula) banyak orang yang diberi-Nya petunjuk. Dan tidak ada yang disesatkan Allah kecuali orang-orang yang fasik.” (QS. Al Baqarah, 2: 26) !

CONTOH RPP MATEMATIKA KLS 5 SD

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Mata Pelajaran     : Matematika
Pertemuan Ke-      : 1
Kelas/Semester    : V/1
Alokasi Waktu      : 2 x 35 menit

I. Standar Kompetensi    :
(1) Melakukan operasi hitung bilangan bulat dalam pemecahan masalah
Kompetensi Dasar     :
1.1          Melakukan operasi hitung bilangan bulat termasuk penggunaan sifat-sifatnya, pembulatan dan penaksiran
Indikator                   : KONSEP
1.1.1     Menggunakan sifat komutatif, asosiatif dan distributif pada operasi hitung bilangan

II. Materi Ajar
• Mengenal Bilangan Bulat

III. Metode Pembelajaran
1. Informasi/ceramah
2. Diskusi
3. Kerja kelompok
4. Tutor sebaya

IV.  Nilai Keislaman
QS Yunus : 5







Dia-lah yang menjadikan matahari bersinar dan bulan bercahaya dan ditetapkan-Nya manzilah-manzilah (tempat-tempat) bagi perjalanan bulan itu, supaya kamu mengetahui bilangan tahun dan perhitungan (waktu). Allah tidak menciptakan yang demikian itu melainkan dengan hak. Dia menjelaskan tanda-tanda (kebesaran-Nya) kepada orang-orang yang mengetahui.

V.  Multiple Intelegensi
       Intrapersonal (I)
       Logis Matematis (LM)
      

VI. Langkah-Langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
• Motivasi dari guru sambil menyiapkan siswa untuk belajar, LKS dan alat peraga yang diperlukan.
• Guru mengajak siswa mengingat sekilas tentang bilangan bulat 4 – 5 angka dan namanya.
• Guru menjelaskan tujuan pembelajaran.
Mengenal Bilangan
2. Kegiatan Inti
• Guru mengajak siswa bermain mengenal bilangan dan namanya sambil mengambil di beberapa tempat secara berkelompok.
·   Dilanjutkan dengan mengenal macam-macam bilangan
·   Contoh  :
Bilangan Asli dimulai dari 1, 2, 3, ...
Bilangan Cacah dimulai dari 0, 1, 2, 3, ...
Bilangan Bulat dimulai dari  ..., -3, -2, -1, 0, 1, 2, 3, ...
·   Dengan individu siswa mengerjaoreksi hasil kerja siswa sambil dikoreksi.
·   Bagi siswa yang sudah selesai, wajib memberikan bantuan kepada temannya untuk menyelesaikan latihan tanpa memberikan jawabannya. (I)

3. Kegiatan Akhir
• Guru memberikan beberapa pertanyaan penjajakan kepada siswa.
·    Guru memberikan taujih tentang kekuasaan Allah yang menciptakan alam semesta sesuai dengan hitungan ilmiah dan bukan tanpa ilmu.
• Guru memberi kata-kata pujian kepada siswa atas keaktifan dan kesungguhannya dalam mengikuti proses pembelajaran.
• Guru mengakhiri kegiatan pembelajaran dengan memberikan tugas kepada siswa.

Alat/Bahan/Sumber Belajar
1. Alat/Bahan                        : buku tulis, spidol, pensil, kertas kotak
2. Sumber Belajar    : • LKS.
           
VII. Penilaian
1. Tertulis
Mengetahui, …………  Juli 2010
Kepala Sekolah                                                          Guru Matematika




            M.Edris, S.T                                                                     Hanim Suhartini, S.Si

CONTOH RPP TIK KLS 4 SD

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Mata Pelajaran            : Teknologi Informasi dan komunikasi
Kelas/semester           : 4 (empat)/ 1 (satu)
Pertemuan ke              : 1
Alokasi waktu              : 2 x 35 menit


I. Standar Kompetisi     :
    Pengenalan Komputer dalam teknologi informasi dan komunikasi

II. Kompetisi Dasar          :
    Memahami perkembangan teknologi informasi dan komunikasi

III. Indikator     :
  1. Mengenal perangkat  teknologi informasi  dan komunikasi seperti, Faximile, telepon, hand phone, komputer, audio visual  dan internet

  1. Mendeskrifsikan pengaruh positif dan negative penggunaan teknologi informasi  dan komunikasi

  1. Memahami fungsi dari penggunaan perangkat Teknologi Informasi dan komunikasi

IV  Tujuan Pembelajaran :
      mampu mengenal perangkat teknologi informasi dan komunikasi pada saat ini

V   Materi Ajar (Materi Pokok)      :
      Pengenalan komputer

VI. Matode Pembelajaran :
      Ceramah, tanya jawab, dan demontrasi

VII. Langkah-langkah pembelajaran
 7.1. Kegiatan Awal          :
-    Mengucapkan salam dan berdo’a sebelum belajar
                                            -    Mengabsen siswa
     
       7.2. Kegiatan Inti              :
-        mendengarkan penjelasan tentang fungsi dari Teknologi informasi dan komuniukasi
-        menyebutkan perangkat informasi yang ada di sekitar sekolah dan fungsinya

      7.3. Kegiatan Akhir        :
               -     memeriksa catatan dan mendatangani
               -     memberikan tugas di rumah
               -     membereskan kursi
               -     berdo’a dan mengucapkan salam 

VIII. Alat/Bahan/Sumber Belajar:
        - Pengenalan komputer Elek Media

IX Penilaian             
      9.1. Teknik:                      : Test lisan
      9.2. Bentuk:                     :  Non obyektif
      9.3. Instrumen                :  -








........, ................................2008
Mengetahui                                                                         Guru Mata Pelajaran ............
Kepala Sekolah


...........................                                                                  ............................................
NIP:                                                                                           NIP :

Jumat, 24 September 2010

Bisnis Online, kenapa takut?

Judul di atas sangat menantang bagi kita-kita orang awam di dunia maya. Mengapa? rasanya masih belum bisa kita memahami kepercayaan yang begitu bebas kepada orang yang kita kenal untuk sekedar memberikan uang kita dengan percuma sambil menunggu dengan harap-harap cemas akan bagaimanakah nasib pesanan yang kita inginkan.
Susah memang belajar untuk legowo di dunia maya. ini saya alami sendiri. saya sampai sekarang terus terang belum merasa nyaman untuk berbisnis di dunia maya jika memang mitra kita benar-benar orang yang tidak kita kenal sebelumnya.
tapi rasanya juga tidak adil jika kita ternyata banyak mencari keuntungan dengan browsing berbagai informasi di internet dari berita yang dikirimkan oleh internet.
Tapi sekarang saatnya kita untuk terbuka. Allah mengajari kita untuk profesioonal dalam sikap. jika memang tertarik untuk berbisnis di dunia maya, maka jangan setengah-setengat. Mari kita gali informasi sebanyak mungkin info itu dan menjadikan bahan referensi untuk mulai mengenal teman2 dari dunia maya.
Insya Allah saya akan banyak belajar dan terjun di dunia bisnis online dengan kemampuan yang optimal, dan sekarang saatnya belajar menyelami dunia maya ini.
Ketakutan itu karena ktidakpercayaan kita pada orang lain yang berlebihan. Boleh waspada tapi tidak boleh memadamkan motivasi berbisnis kita.
Karena saya seorang pendidik, maka inginnya dunia yang saya geluti adalah dunia pendidkan dan anak2.

Rabu, 22 September 2010

Belajar Tidak Suka Belanja

Id

Belajar Buat Blog sendiri dari gratisan

Petunjuk praktis membuat Blog ini coba saya unduh untuk dibagikan ke teman-teman yang ingin mempunyai blog sendiri. Banyak juga yg bertanya tentang apa itu blog, maka agar lebih praktis saya tuliskan saja di sini info dasar blog bagi pemula. Tulisan ini berdasarkan cara pandang saya melihat teknologi blog yang sekarang lagi tumbuh pesat diminati dari berbagai kalangan mulai dari kalangan intelektual dan akademisi serta selebritis  apalagi para pedagang

1. Apa itu blog?

Blog adalah situs pribadi. Berbeda dg website yg setiap memposting harus susah payah memakai kode ekstensi .html .php, .asp, dll, blog merupakan otomatisasi dari semua ekstensi tsb. Sehingga karena sudah diotomatisasi, maka kita-kita semua yg lugu teknologi menjadi ostosmastis dapat memposting apa yg kita inginkan persis seperti kita memposting email ke teman atau ke milis.

Dan karena kemudahan inilah, maka semua orang yg tahu internet dapat membuat blog atau situs pribadi; sama halnya dg memiliki email. Tak heran apabila pemilik blog bervariasi: mulai dari pembantu rumah tangga, ibu rumah tangga, tukang jualan sayur di pasar klewer, cewek-cewek "ramah" di pasar senggol, sampai profesor dan menteri-menteri.

2. Bagaimana cara membuat blog?

Seperti halnya email, buat account dulu di free blog provider (pemberi hosting/domain blog gratis). Yg paling populer adalah http://www.blogger.com/ Bagi Anda yg sudah agak melek-huruf teknologi bisa juga buat account http://www.wordpress.com/ dan http://blogsome.com/. Selain yg dua ini masih banyak penyedia blog gratis yg bisa Anda ketahui kemudian. Ikuti pentunjuk step-by-step ketika mendaftar.

3. Setelah selesai register/sign-up di http://www.blogger.com, anda dapat mulai memposting/mempublish apapun yg Anda inginkan di blog mulai dari curhat, puisi, cerpen, tulisan serius sampai yg canda.

Dikutip dari : Mario Gagho at Blog Tutorial