Jumat, 06 Mei 2011

TUTOR SEBAYA, BISAKAH?

Apa tutor sebaya itu? Tutor sebaya adalah suatu model pembelajaran yang menekankan pada pengalaman belajar dari teman sebaya/teman sekelas.  Model pembelajaran ini dapat membantu seorang guru untuk menguatkan materi yang diberikan dengan mengajak siswa-siswa yang mempunyai kemampuan lebih untuk memberikan bantuan kepada teman sekelas yang masih membutuhkan bantuan dengan cara menyelesaikan permasalahan pada suatu materi secara bersama-sama.
Pada pelajaran matematika, tutor sebaya dapat diberikan kepada siswa ketika seorang guru telah memberikan suatu konsep, kemudian ingin menguatkan konsep tersebut secara kuat kepada seluruh siswa.  tetapi karena tidak semua anak dapat langsung memahami model pengarahan/ceramah dari guru, maka dalam realitasnya, ada beberapa siswa yang masih belum mengerti.  Nah, disinilah model tutor sebaya dapat diterapkan. Siswa yang pandai dapat menyumbangkan ilmunya kepada temannya, dan temannya yang belum mengerti menjadi lebih kuat dengan model pengarahan dari temannya.
 Siapa tak kenal Kenji kelas 5B? Dia adalah anak yang termasuk pandai di bidang matematika, bahkan untuk beberapa lomba matematika di luar kelas, Kenji termasuk siswa yang diikutkan.  Tetapi ternyata di dalam kelas, dia tidak menjadi sombong karena kemampuannya.  Dengan metode tutor sebaya ini, Kenji bersedia dipasangkan dengan siapa saja untuk saling berbagi pengetahuan.  Lihat saja, Dorik pun begitu serius mendengarkan penjelasan Kenji tentang simetri putar bangun segitiga siku-siku.  Dan ini tidak hanya terjadi sekali saja.  Dalam beberapa materi pelajaran matematika, metode tutor sebaya ini sering juga diterapkan dengan tujuan, bisa memantapkan pemahaman anak yang belum kuat, namun mereka malu untuk bertanya di depan kelas.
Semoga saling berbagi ini juga bagian dari pembentukan karakter siswa dalam pendidikan kita.  Apalah arti ilmu yang banyak, jika kita tidak mampu memberikan manfaat dari ilmu yang kita miliki kepada sesama manusia, bahkan kepada alam semesta ini.  Bravo, AL USWAH.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar