Kamis, 05 Mei 2011

CELOTEH ANAK DI PAGI HARI

Apa yang disenandungkan anak-anak di pagi hari? Kalau ingat masa lalu, kira-kira , kalau pagi, apa ya yang kita senandungkan ketika kita masih kecil dulu?
Ternyata inilah yang dilakukan anak-anak kita di SDIT Al Uswah di pagi hari, mereka menyenandungkan al-qur'an sebelum menerima pelajaran yang lain.  Hati harus lembut dan tunduk dulu pada aturan-aturan Allah di dalam al-qur'an.
Kelompok putrinya pun tidak kalah semangat dengan anak putra, walau tempat di teras kelas, tetapi semangat juang untuk menghafal pun tidak kalah dengan yang di dalam kelas.

Setelah menghafal beberapa ayat surat di juz 29, merekapun menyetorkan hafalan kepada pendampingnya (Ustadz/Ustadzah) secara individu. Sebelum setoran, siswa diajak murojaah beberapa ayat pada surat tertentu ang sudah dihafal siswa, sambil membetulkan tajwid dan bacaan siswa secara klasikal. Saat setoran, pendamping membetulkan makhroj dan tajwid siswa secara lebih khusus lagi.

Subhanallah, seperti apakah permata dunia yang kita harapkan? maka sebesar itulah usaha yang harus kita berikan untuk menumbuhkan generasi robbani, generasi dambaan umat, untuk menyejukkan dunia dengan akhlaqul karimah.  Seorang anak ibarat sebuah kertas putih yang akan menjadi tumpuan harapan bagi orang yang akan mengisinya dengan berbagai harapan dan cita-cita masa depan.  Akankah orang tua dan lingkungannya akan memberikan gambaran dan tulisan terbaik pada kertas tersebut atau justru menyia-nyiakannya hingga pada suatu masa, kita menyesal telah merusaknya.
Maka lihatlah, generasi di atas, semoga anak-anak kita dengan modal dekat kepada al-qur'an menjadikan mereka sebagai generasi yang mendobrak dunia dengan kesholihannya, amin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar